Pengembangan Modul Psychological Well-Being untuk Narapidana Remaja

Rahmi, Akmil (2019) Pengembangan Modul Psychological Well-Being untuk Narapidana Remaja. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_AKMIL_RAHMI_15151054_5667_2019.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Psychological well-being memiliki peranan yang sangat penting bagi seseorang. Pentingnya meningkatkan psychological well-being akan membantu seseorang, termasuk Narapidana Remaja dalam menjalani kehidupan sehari-hari sehingga ia dapat mencapai kebahagiaan. Narapidana Remaja yang memiliki psychological well- being yang rendah, akan sulit menerima keadaan dirinya, merasa terisolasi dari lingkungan sosial, tidak mampu mengambil keputusan sendiri, tidak memiliki tujuan hidup yang jelas, tidak dapat berkembang ke arah yang baik dan mudah dipengaruhi orang lain. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh pembina di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) untuk meningkatkan psychological well-being, salah satunya menggunakan modul. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan modul psychological well-being untuk Narapidana Remaja yang tepat, dan (2) mendeskripsikan tingkat keterpakaian modul psychological well-being untuk Narapidana Remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiri dari 6 orang ahli untuk validasi modul, 3 orang pembina LPKA dan 5 orang Narapidana Remaja untuk menguji keterpakaian modul. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik non parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul psychological well-being tepat digunakan untuk Narapidana Remaja, (2) tingkat keterpakaian modul berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian, modul psychological well-being yang dihasilkan dinyatakan tepat dan dapat dipakai oleh pembina LPKA sebagai media yang relevan dalam memberikan pembinaan dan melatih Narapidana Remaja belajar secara mandiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 May 2020 05:40
Last Modified: 07 May 2020 05:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26537

Actions (login required)

View Item View Item