Pengaruh Kekuatan Otot Tungkai, Koordinasi Mata Kaki, Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Shooting Pemain SSB Universitas Riau U-15

Saputra, Wandi Dedi (2019) Pengaruh Kekuatan Otot Tungkai, Koordinasi Mata Kaki, Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Shooting Pemain SSB Universitas Riau U-15. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_WANDI_DEDI_SAPUTRA_16199075_1259_2019.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Dalam proses tercapainya kemampuan shooting pemain SSB Universitas Riau U-15. masalah yang muncul shooting ke gawang yang tidak akurat dan kurang tenaga atau kurang keras serta tidak mengarah kegawang. meskipun ada juga yang memiliki tendangan yang keras dan akurat tetapi salah dalam menggunakan bagian kaki yang digunakan untuk shooting. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kekuatan otot tungkai, koordinasi mata kaki, dan konsentrasi secara langsung maupun tidak langsung terhadap kemampuan shooting. populasi dalam penelitian ini adalah atlet SSB Universitas Riau U-15 yang berjumlah 21 orang. Data dikumpulkan dengan tes lapangan, leg Dynamometer untuk mengukur kekuatan otot tungkai, tes menendang bole ke dinding untuk tes koordinasi mata kaki, grid concentration untuk mengukur konsentrasi dan tes menembak bola kesasaran untuk tes kemampuan shooting. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan shooting 18,66%. 2) terdapat pengaruh langsung koordinasi mata kaki terhadap kemampuan shooting 18,40%. 3) terdapat pengaruh langsung konsentrasi terhadap kemampun shooting 16,72%. 4) erdapat pengaruh tidak langsung kekuatan otot tungkai melalui konsentrasi terhadap kemampuan shooting 35,28%.5) terdapat pengaruh tidak langsung koordinasi mata kaki melalui konsentrasi terhadap kemampuan shooting 33,75%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 May 2020 01:00
Last Modified: 05 May 2020 01:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26524

Actions (login required)

View Item View Item