Metode Menghafal Alquran pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz Kota Padang

Lubis, Awwaliya Mursyida (2019) Metode Menghafal Alquran pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_AWWALIYA_MURSYIDA_LUBIS_15022002_4730_2019.pdf

Download (539kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode menghafal Alquran yang diterapkan Tahfidz Center Darul Hufadz kota Padang. Program menghafal Alquran pada anak usia dini di Tahfidz Center Darul Hufadz kota Padang dilaksanakan dengan menggunakan metode Tabarak. Metode Tabarak dikembangkan pertama kali oleh Dr. Kamil Labudi dari Mesir yang telah mengantarkan anak beliau (Tabarak, Yazid dan Zaina) menjadi penghafal Alquran (30 juz) dalam usia 4,5 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru program tahfidz balita dan informan penelitian meliputi pengawas tahfidz balita serta peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu : 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) verifikasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan data metode menghafal Alquran yang diterapkan di Tahfidz Center Darul Hufadz kota Padang adalah metode Tabarak. Metode ini dilakukan dengan mentalqinkan bacaan yang akan dihafalkan oleh anak secara berulang-ulang, selanjutnya memperdengarkan bacaan tersebut dari rekaman CD para qari’ terkenal. Faktor pendukung program menghafal Alquran adalah ruang belajar yang kondusif, penggunaan media dalam kegiatan menghafal, dan dukungan orangtua yang ikut membantu proses menghafal anak di rumah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah anak yang bermain/ mengantuk dalam kegiatan menghafal, anak yang terlambat/ tidak hadir ke sekolah, dan kesibukan orangtua sehingga tidak sempat mengulang hafalan anak di rumah. Upaya yang dilakukan dalam mencapai keberhasilan program menghafal Alquran adalah pengadaan buku muraja’ah yang dievaluasi oleh orangtua setiap hari, bimbingan dan kontroling hafalan anak selama di rumah, pertemuan pihak sekolah dengan orangtua, orangtua mengantarkan anak ke sekolah tepat waktu serta membatasi pemakaian TV dan gadget pada anak. Kata kunci: Metode Menghafal Alquran, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 May 2020 17:28
Last Modified: 02 May 2020 17:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26509

Actions (login required)

View Item View Item