Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavioral Modification dengan Setting Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Bullying

Yonita, Etri Nofri (2019) Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavioral Modification dengan Setting Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Bullying. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ETRI_NOFRI_YONITA_15006010_4248_2019.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa adanya siswa yang mengalami perilaku bullying yang sangat tinggi. Perilaku bullying merupakan tindakan agresif yang sengaja dilakukan untuk menyakiti orang lain baik secara fisik, verbal, maupun psikologis dan dilakukan secara berulang-ulang. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengungkapkan efektifitas pendekatan Cognitive Behavioral Modification Setting kelompok untuk menurunkan perilaku bullying siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rancangan eksperimen model pre Experiment menggunakan desain The One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang yang memiliki perilaku bullying yang sangat tinggi sebanyak 10 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala perilaku bullying. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan analisis data deskriptif. Dari hasil pretest skala perilaku bullying terdapat 1 siswa berada pada kategori tinggi dan 9 orang siswa berada pada kategori sangat tinggi. Hasil posttests dari 10 orang siswa setelah diberikan perlakuan cognitive behavioral modification terjadi perubahan rata-rata perilaku bullying siswa dan berada pada kategori rendah. Hasil uji wilcoxon menunujukkan rata-rata T_hitung= 0, 005 <T_tabel = 0,005. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perilaku bullying siswa sebelum dan setelah mengikuti kegiatan. Jadi cognitive behavior modification efektif untuk menurunkan perilaku bullying siswa. Kata Kunci: Cognitive behavioral modification, setting kelompok, perilaku bullying

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Apr 2020 15:16
Last Modified: 24 Apr 2020 15:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26445

Actions (login required)

View Item View Item