Pengaruh Model Pembelajaran Guide Teaching Berbantuan Video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Gunung Talang

Ningsih, Yulia (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Guide Teaching Berbantuan Video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Gunung Talang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_YULIA_NINGSIH_15004102_2948_2019.pdf

Download (589kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Gunung Talang, proses belajar mengajar masih berpusat pada guru (teacher center) sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Masih ada hasil belajar siswa yang belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Selain itu, penggunaan model pembelajaran juga kurang bervariasi. Diperlukan model pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran guide teaching berbantuan video. Disamping itu, penggunaan video dalam pembelajaran dapat mempermudah siswa dalam menerima materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guide teaching berbantuan video terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan quasy experiment. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 150 orang dan sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling, siswa kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII3 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif sebanyak 50 butir soal dan alat pengumpul data berupa lembaran tes. Jenis data penelitian berupa data hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah nilai siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran guide teaching berbantuan video lebih tinggi dari pada kelas VIII3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvensional berbantuan video. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata nilai 81,28 pada kelas eksperimen dan 76,88 pada kelas kontrol. Hasil analisis dengan menggunakan t-test menunjukkan hasil thitung 2,197 sedangkan ttabel 2,010 pada taraf kepercayaan 95% (a 0,05), sehingga thitung > ttabel. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran guide teaching berbantuan video dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan video. Kata Kunci: Guide Teaching, Video, Hasil Belajar. a

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Apr 2020 15:15
Last Modified: 24 Apr 2020 15:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26444

Actions (login required)

View Item View Item