Kontribusi Kepribadian Big Five terhadap Regulasi Diri dalam Belajar Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang

Ari, Ari (2019) Kontribusi Kepribadian Big Five terhadap Regulasi Diri dalam Belajar Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_ARI_15011048_2797_2019.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa akan menemui banyak permasalahan dan perubahan pada proses belajar selama kuliah. Kebanyakan mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengelola diri ketika belajar secara mandiri karena merasa malas dan terlalu mengandalkan orang lain. Untuk mengatasi permasalahan tersebut sebagai mahasiswa harus mampu bertanggungjawab dan mengelola sikap dan kebiasaan belajarnya. Mahasiswa yang mampu mengelola sikap dan kebiasaan belajar dengan baik dapat mencapai hasil yang optimal dalam prestasi akademik. Kemampuan mahasiswa mengelola diri dalam belajar dipengaruhi oleh kepribadian. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepribadian big five terhadap regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian terdiri dari mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Sehingga sampel dalam penelitian didapatkan sebanyak 60 subjek. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan skala kepibadian big five (BFI) dan skala regulasi diri dalam belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda dan hasilnya menunjukkan bahwa nilai p=0,000 (p<0,05), yang berarti bahwa terdapat kontribusi kepribadian big five terhadap regulasi diri dalam belajar. Nilai R square kepribadian big five terhadap regulasi diri dalam belajar adalah (R2= 0,403)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 10 Apr 2020 05:05
Last Modified: 10 Apr 2020 05:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26394

Actions (login required)

View Item View Item