Pengembangan Model Competency Based E-learning (CBE) pada Mata Kuliah Jaringan Komputer

Efendi, Raimon (2019) Pengembangan Model Competency Based E-learning (CBE) pada Mata Kuliah Jaringan Komputer. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_RAIMON_EFENDI_15193024_6110_2019.pdf

Download (872kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan kepada studi pendahuluan dan analisis kebutuhan (need analysis) yang dilakukan pada Mata Kuliah Jaringan Komputer, ditemukan permasalahan bahwa pembelajaran jaringan komputer belum optimal dan belum bersinergi dengan perkembangan teknologi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain model dan strategi pembelajaran belum tepat dan belum terlaksana konsep belajar mahasiswa aktif (student centre learning). Analisis kebutuhan juga menemukan adanya prioiritas/kebutuhan dosen dan mahasiswa yang memiliki ekspektasi tinggi terhadap proses pembelajaran yang mampu meningkatkan kompetensi abad ke-21 (4C). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran Competency Based E-learning (CBE) pada mata kuliah jaringan komputer di pendidikan tinggi yang valid, praktis dan efektif. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), metode dan prosedur pengembangan yang digunakan merujuk pada model ADDIE dengan lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Teknik analisis menggunanakan uji Aiken’V, dan validitas menggunakan uji pakar dan Focus Group Discussion (FGD). Uji kepraktisan dan efektivitas dilakukan dengan menenerapkan produk ke mahasiswa dengan menggunakan kelas ekspermen dan kelas kontrol. Temuan penelitian adalah sebuah model Competency Based E-learning (CBE) pada pembelajaran Jaringan Komputer di Pendidikan Tinggi. Model dan sistem pendukung memenuhi kriteria validitas dan layak digunakan menurut para pakar. Model dan produk pengembangan memenuhi kriteria praktikalitas dengan nilai praktis menurut dosen dan mahasiswa. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa aktifitas dan hasil belajar mahasiswa lebih unggul menggunakan model CBE (kelas eksperimen) dibandingkan dengan model konvensional (kelas kontrol). Kemampuan crithical thingking, communication, collaboration dan creativity (4C) berkembang dengan baik. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh dosen, mahasiswa dan perancang pembelajaran dalam mengembangkan atau merealisasikan proses pembelajaran dengan penggunaan teknologi e-learning yang mampu mengoptimalkan peran peserta didik untuk kreatif dan inovatif dalam membangun pengetahuan dan kompetensi mahasiswa dalam proses pembelajaran.Implikasi penelititianyang dikembangkan mampu mengoptimalkan proses pembelajaran pada mata kuliah Jaringan Komputer di Pendidikan Tinggi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Mar 2020 09:34
Last Modified: 18 Mar 2020 09:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26250

Actions (login required)

View Item View Item