Pengembangan Sistem Informasi Nilai Ulangan Harian Siswa (SINUHSis) Berbasis Web Sebagai Media Penyampaian Informasi Kepada Siswa

Umardi, Umardi (2019) Pengembangan Sistem Informasi Nilai Ulangan Harian Siswa (SINUHSis) Berbasis Web Sebagai Media Penyampaian Informasi Kepada Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_UMARDI_15138045_6139_2019.pdf

Download (701kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya media sistem informasi untuk guru dapat menyampaikan informasi nilai ulangan harian kepada siswa dan kurangnya perhatian siswa terhadap nilai ulangan yang hanya disampaikan secara lisan oleh guru mata pelajaran. Kurangnya minat siswa terhadap nilai ulangan harian ini tentunya berdampak pada hasil belajar siswa yang sangat rendah serta menurunnya kualitas mengajar seorang guru jika dilihat dari nilai rata-rata pada setiap mata pelajaran yang diampunya. Beranjak dari hal tersebut maka peneliti membuat sebuah sistem informasi nilai ulangan harian yang diharapkan mampu memfasilitasi kebutuhan siswa dan guru untuk saling memberi dan menerima informasi setiap saat tanpa ada batasan waktu dan tempat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan four D (define, design, development, and disseminate) yang meliputi empat tahap yaitu (1) define: analisis kebutuhan, (2) develop: pengembangan produk, (3) evaluate: uji coba produk, dan (4) disseminate: penyebaran. Setelah dilakukannya pengembangan dan digunakan didapatkanlah fakta bahwa sistem informasi nilai ulangan harian siswa berbasis web ini sangat praktis bagi guru dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dari hasil analisis terhadap uji validitas sistem informasi mendapatkan nilai indeks koefisien 0,89 dan uji validasi desain media dengan nilai 0,92. serta uji rerata efektifitas menunjukkan kenaikan yang sangat signifikan. Berdasarkan nilai yang diperoleh dari hasil uji validitas dan uji efektifitas maka produk layak untuk digunakan. Sehingga berdasarkan temuan peneliti dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Nilai Ulangan Harian Siswa berbasis Web di SMK Harapan Utama layak untuk digunakan dan sekaligus meningkatkan pelayanan sekolah kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Mar 2020 06:54
Last Modified: 18 Mar 2020 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26221

Actions (login required)

View Item View Item