Pengembangan Model Research Based Learning pada Mata Kuliah Kewirausahaan di Universitas Negeri Padang

Zen, Zelhendri and Syamsuar, Syamsuar and Hendri, Nofri (2017) Pengembangan Model Research Based Learning pada Mata Kuliah Kewirausahaan di Universitas Negeri Padang. Project Report. KTP FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PENELITIAN Zelhendri dan Syamsuar 2017.pdf

Download (538kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk membangun sebuah model research based learning pada mata kuliah kewirausahaan di Universitas Negeri Padang. Pengembangan model research based learning dimulai dengan melakukan survei lapangan mengungkap pengetahuan dan harapan mahasiswa, strategi pemberdayaan mahasiswa, pengembangan minat kewirausahaan mahasiswa dan evaluasi diri mahasiswa dalam kegiatan riset dan kewirausahaan. Metode penelitian adalah penelitian Riset dan Pengembangan dengan Triangulation Mixed Method Design.. Produk ini diharapkan dapat membantu dosen dalam meningkatkan pemahman mahasiswa tentang riset yang menjadi dasar kewirausahaan. Pemutakhiran model dilakukan melalui penilaian pakar kurikulum dan praktisi dalam Focus Group Dicussion (FGD). Pengumpulan data lewat angket, wawancara, studi dokumentasi, pelatihan dan pendampingan serta FGD. Data angket dianalisis dengan teknik penghitungan persentase, sedang data yang lain dengan teknik deskriptif kualitatif. Data uji coba dianalisis dengan model eksperimen dan uji efektivitas model menggunakan uji independent t-test. Hasil penelitian produk yang dihasilkan bersifat sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 95,02% melalui uji validasi. Sedangkan Model pembelajaran berbasiskan riset pada mata kuliah kewiruasahaan diperoleh data sangat valid dengan persentase sebesar 96,29%. Hasil eksperimen yang dilakukan didapatkan dari tiga kelas uji coba yang yaitu pada mahasiswa prodi Teknologi Pembelajaran Semester V FIP UNP (Group 1), 2) mahasiswa prodi teknologi pendidikan group 2 Semester V FIP UNP dan 3 mahasiswa prodi administrasi pendidikan Semester V FIP UNP melalui post tes didapatkan nilai signifikan untuk uji homogenitas diatas > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data sudah homogen. Dan selisih antara ketiga kelas uji ini adalah (16,3), (14,3), dan (10,4).. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah kewirausahaan yang dikembangkan sudah berkualitas, karena menghasilkan produk model pembelajaran yang sangat valid dengan persentase 80%-100%. Untuk itu hasil penelitian ini telah berhasil menghasilkan produk Model pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah kewirausahaan pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 18 Mar 2020 01:38
Last Modified: 18 Mar 2020 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26194

Actions (login required)

View Item View Item