Strategi Adaptasi Sosial Masyarakat Pasca Bencana Alam Gempa di Jorong Koto Sungai Kunyit Nagari Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan

Nurhidayah, Nurhidayah (2019) Strategi Adaptasi Sosial Masyarakat Pasca Bencana Alam Gempa di Jorong Koto Sungai Kunyit Nagari Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_NURHIDAYAH_15058026_5976_2019.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat persoalan tentang bagaimana mereka dapat pulih dengan bertahan hidup pada saat-saat seperti ini setelah terkena bencana alam gempa bumi dan bagaimana strategi adaptasi sosial masyarakat pasca bencana alam gempa bumi pada masyarakat di Jorong Koto Sungai Kunyit Nagari Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori yang dikemukakan oleh Talcott Parsons yaitu teori struktural fungsional. Parsons mengatakan bahwa setiap masyarakat dapat mempertahankan kehidupannya jika masyarakat menjalankan empat fungsi yaitu: 1) fungsi adaptasi, 2) fungsi mencapai tujuan, 3) fungsi integrasi sistem dan 4) fungsi mempertahankan pola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe studi kasus. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling (sampel bertujuan) dengan jumlah informan sebanyak 13 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan tentang bagaimana strategi adaptasi sosial masyarakat Jorong Koto Sungai Kunyit Nagari Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan yang terdiri dari 1) Sumber daya ketahanan keluarga (membangun rumah darurat), 2) Memanfaatkan pinjaman ke lembaga keuangan, 3) Pola nafka ganda, 4) Menggunakan jasa pengobatan tradisional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:01
Last Modified: 17 Mar 2020 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26167

Actions (login required)

View Item View Item