Studi Usaha Tani Jeruk Siam Gunuang Omeh (Jesigo) dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Petani di Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota

Fani, M. Ilham (2019) Studi Usaha Tani Jeruk Siam Gunuang Omeh (Jesigo) dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Petani di Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_M. ILHAM_FANI_15045050_5356_2019.pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan, tingkat efisiensi dan jaringan pemasaran Usaha Tani Jeruk Siam Gunuang Omeh di Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi awal yang menunjukkan bahwa kualitas dan kuantitas jeruk siam Gunuang Omeh belum mampu meningkatkan pendapatan petani secara optimal. J enis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 1.343 petani jeruk siam di Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh responden sebanyak 93 petani. Pengumpulan data melalui observasi, kusioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif berupa formula persentase. Hasil penelitian yang berkaitan usaha tani jeruk siam gunuang omeh sebagai berikut; 1) Pendapatan petani j eruk di Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan rata-rata petani jeruk di Kecamatan Gunuang Omeh sebesar Rp 1.454.036 per bulan. rendahnya pendapatan tersebut disebabkan oleh faktor faktor fisik maupun non fisik. 2) Tingkat efisiensi yang diperoleh petani dari Usaha Tani Jeruk Siam di Kecamatan Gunuang Omeh sebesar 1,52. Diamana jika RIC> 1 = efisien, RIC < 1 = non efisien dan jika RIC = 1 berarti mengalami titik inpas. 3) Jarimgan pemasaran Usaha Tani Jeruk Siam Gunuang Omeh terbagi menjadi dua yaitu jaringan pemasaran pertama (petani-pedagang pengumpul-pedagang pengecer- konsumen) dan jaringan pemasaran kedua (petani-konsumen). Dimana jaringan pemasaran kedua dinilai lebih efektif dibandingjaringan pemasaran kedua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:00
Last Modified: 17 Mar 2020 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26160

Actions (login required)

View Item View Item