Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IIS SMAN 1 Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan

Rahmah, Medysa Gevri (2019) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IIS SMAN 1 Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MEDYSA_GEVRI_RAHMAH_15045102_5417_2019.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi XI IIS di SMAN 1 Bandar Seikijang berdasarkan penilaian kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dalam bentuk analisis korelasional. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan proporsi 60% sebanyak 56 orang siswa kelas XI IIS SMAN 1 Bandar Seikij ang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket kepada siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS IBM versi 19.0 terdiiri dari analisis analisis deskriptif, uji persyaratan analisis data dan pengujian hipotesis. Uji persyaratan analisis data yang digunakan, yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Berdasarkan hasil penelitian di simpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan hasil belajar Geografi. Besar pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar geografi sebesar 88,3 % dan 11,7% dari variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Mar 2020 07:53
Last Modified: 16 Mar 2020 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26154

Actions (login required)

View Item View Item