Model Pembelajaran Kooperatif CIRC Belum Berhasil Meningkatkan Hasil Belajar Siswa CIBI di SMPN 1 Kota Padang

Syamsurizal, Syamsurizal and Darussyamsu, Rahmawati and Yelniwetis, Doris (2016) Model Pembelajaran Kooperatif CIRC Belum Berhasil Meningkatkan Hasil Belajar Siswa CIBI di SMPN 1 Kota Padang. In: Prosiding Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia: Arah Kebijakan Pendidikan Guru di Indonesia, 12-15 Oktober 2016, Jakarta.

[img]
Preview
Text
c KONASPI 2016 Rahmawati D.-pages-15-20- 22 ok.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Peningkatkan mutu pendidikan dapat diupayakan melalui perubahan kurikulum, peningkatan kompetensi guru dan pemilihan model pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran kooperatif CIRC telah banyak dilaporkan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif CIRC terhadap siswa CIBI Tinggi di SMPN 1 kota Padang. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan rancangan post test only control group design. Populasi penelitian siswa kelas CIBI SMPN 1 Padang tahun 2013/2014. Data penelitian berupa data primer dari nilai siswa. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh harga thitung 1,54 dan harga ttabel 1,68 (  = 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC tidak berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar biologi siswa CIBI di SMPN 1 Kota Padang

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 16 Mar 2020 03:59
Last Modified: 16 Mar 2020 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26143

Actions (login required)

View Item View Item