Aktivitas Siswa Belajar Sejarah: Suatu Komparasi antara Siswa Jurusan IPA dan Siswa Jurusan IPS Kelas XI SMA N 4 Kerinci

Ariska, Nia (2017) Aktivitas Siswa Belajar Sejarah: Suatu Komparasi antara Siswa Jurusan IPA dan Siswa Jurusan IPS Kelas XI SMA N 4 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_NIA ARISKA_1205974_1731_2017.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi yang penulis lakukan di SMANegeri4Kerincidalam aktivitas siswa belajar sejarah. Terlihat perbedaan aktivitas siswabelajarsejarahantarasiswa jurusan IPA dan siswa jurusan IPS. Aktivitas siswa belajar sejarahsiswajurusanIPAlebih baik dari pada siswa jurusan IPS. Seharusnya aktivitas dalambelajarsangatpentingdalam proses pembelajaran terutama aktivitas belajar sejarah baik ituuntuksiswajurusanIPAdan siswa jurusan IPS. Apalagi mata pelajaran sejarah merupakansalahsatubidangkajianilmu pengetahuan sosial. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuanuntukmengetahuiapakah terdapat perbedaan aktivitas siswa belajar sejarah siswa jurusanIPAdansiswajurusanIPS kelas XI di SMA N 4 Kerinci tahun ajaran 2016/2017. Jenis Penelitianiniadalahmixed-methods (metode gabungan). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN4Kerinci.Populasipenelitian adalah siswa kelas XI IPA dan kelas XI IPS yang berjumlah257orang.Sampeldalam penelitian ini sebanyak 36 siswa jurusan IPA dan 36 siswa jurusanIPS.Pemilihansampel dalam penelitian ini berdasarkan simple randomsampling. Dataaktivitassiswabelajarsejarah siswa jurusan IPA dan siswa jurusan IPS berdasarkan kuantitatif diperolehdengan4kali pengamatan dengan cara di tally kemunculan aktivitas siswa belajar sejarahkemudiandikonversikan ke skala dan berdasarkan kualitatif dengan wawancara. Teknikanalisisdatayangdigunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus uji T-tes untukdatakuantitatidantriangulasi data untuk data kualitatif. Dari analisis data hasil penelitianini yangmenggunakanuji t-tes terdapat bahwa thitung lebih besar dari ttabel dimana thitung5,21>ttabel1,66yangberarti secara statistik terdapat perbedaan aktivitas siswa belajar sejarahantarsiswajurusanIPA dan siswa jurusan IPS dan dari hasil uji t-tes perindikator yangterdiri dari5indikatormenyatakan bahwa tthitug lebih besar daripada ttabel. Hal ini disebabkanadanyapengaruhfaktor internal dan ekternal siwa itu sendiri. Berdasarkan kesimpulan, disarankankepadapihasekolah untuk meningkatkan sarana dan prasarana untuk menunjangaktivitassiswabelajarsejarah. Kemudian kepada guru untuk meningkatkan minat dan motivasi siswadalamprosespembelajaran sehingga terciptanya aktivitas belajar sejarah yangtinggi dalamprosepembelajaran, mempertimbangkan nilai, kemampuan, minat siswa, dayatampung,melakukantes dalam pembagian jurusan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 13 Mar 2020 02:28
Last Modified: 22 Mar 2022 08:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26028

Actions (login required)

View Item View Item