Pengembangan Ensiklopedia Kerajaan­ Kerajaan Hindu ­Budha di Nusantara sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMA

Zhafirah, Elvi (2019) Pengembangan Ensiklopedia Kerajaan­ Kerajaan Hindu ­Budha di Nusantara sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ELVI_ZHAFIRAH_15046020_6120_2019.pdf

Download (950kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang bervariasinya sumber belajar dalam bentuk buku cetak yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar berupa Ensiklopedia Kerajaan­Kerajaan Hindu­Budha di Nusantara dalam pembelajaran sejarah yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan mengikuti prosedur pengembangan model ADDIE Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Namun dalam penelitian ini prosedur penelitian dilakukan hanya sampai pada tahap Development (Pengembangan). Uji kelayakan melibatkan ahli materi pelajaran sejarah Indonesia dan ahli sumber belajar, sedangkan uji praktikalitas melibatkan dua orang guru sejarah dan peserta didik kelas X IPS 1 yang terdiri dari 34 orang di SMA Negeri 2 Padang dengan menggunkaan angket skala likert untuk menilai kelayakan dan kepraktisan Ensiklopedia Kerajaan­Kerajaan Hindu­Budha di Nusantara. Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk dalam bentuk Ensiklopedia Kerajaan­Kerajaan Hindu­Budha di Nusantara. Adapun tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan produk berupa Ensiklopedia Kerajaan­ Kerajaan Hindu­Budha di Nusantara adalah sebagai berikut: (1) tahap analisis, yaitu menganalisis permasalahan yang terkait sumber belajar yang digunakan dan mencari solusi dari permasalahan tersebut; (2) tahap perancangan, yaitu membuat ensiklopedia yang terdiri dari sampul, kata pengantar, petunjuk penggunaan, daftar isi, materi, daftar pustaka, dan indeks; dan (3) tahap pengembangan, yaitu melakukan uji kelayakan dengan melibatkan ahli materi dan ahli sumber belajar dan uji praktikalitas dengan melibatkan guru sejarah dan peserta didik kelas X IPS 1 di SMA 2 Padang. Hasil uji kelayakan Ensiklopedia Kerajaan­Kerajaan Hindu­ Budha di Nusantara oleh ahli materi sejarah Indonesia adalah 3.50 dengan kategori sangat layak. Dari segi ahli sumber belajar (ensiklopedia) adalah 3.36 dengan kategori sangat layak. Uji praktikalitas Ensiklopedia Kerajaan­Kerajaan Hindu­Budha di Nusantara oleh guru sejarah Indonesia adalah 3.60 dengan katori sangat praktis dan oleh peserta didik adalah 5.50 dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Ensiklopedia Kerajaan­Kerajaan Hindu­ Budha di Nusantara layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran sejarah kelas X materi Kerajaan­Kerajaan Hindu­Budha di Nusantara guna menambah pengetahuan dan wawasan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:14
Last Modified: 12 Mar 2020 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25981

Actions (login required)

View Item View Item