Analisis Struktur dan Konten Kurikulum 2013 Kimia SMA pada Topik Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur.

Krisdayanti, Krisdayanti (2019) Analisis Struktur dan Konten Kurikulum 2013 Kimia SMA pada Topik Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_KRISDAYANTI_15035029_2967_2019.pdf

Download (649kB) | Preview

Abstract

Struktur dan konten merupakan hal penting dalam perumusan dan pengimplementasian Kurikulum 2013. Jika perumusan struktur dan konten dilakukan dengan baik dan benar, maka kurikulum dapat diimplemensikan sesuai dengan tuntutan kurikulum. Analisis struktur dilakukan untuk mendeskripsikan kebenaran dan kelayakan rumusan KI dan KD, sedangkan analisis konten dilakukan untuk mendeskripsikan urutan keluasan dan kedalaman materi. Analisis dilakukan pada struktur dan konten Kurikulum 2013 revisi 2018 kimia SMA pada topik struktur atom dan sistem periodik unsur (KD 3.2-KD 3.4). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Model of Educational Reconstruction (MER) yang terdiri dari 3 tahap yaitu: (1) analisis struktur konten, (2) studi empiris, dan (3) pengembangan evaluasi instruksi. Penelitian ini hanya dilakukan pada tahap analisis struktur konten dan tahap studi empiris. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tabel analisis analisis KI-3, analisis KI-4, analisis KD, analisis hubungan KI-KD, dan analisis urutan materi. Hasil penelitian yang didapatkan pada analisis struktur yaitu: ( 1) Rumusan KI dan KD sudah cocok, (2) rumusan KD 3.2, 3.3, 3.4 sudah sesuai dengan taksonomi bloom revisi, (3) pada KD 4.2 terdapat penggunaan aktivitas keterampilan yang kurang tepat dan isi KD yang tidak sesuai dengan materi. Sedangkan pada analisis konten yaitu: (1) keluasan materi pada KD 3.2, 3.3 dan 3.4 sudah sesuai dengan keluasan materi dari buku kimia SMA, (2) terdapat ketidaksesuaian urutan materi dengan kedalam materi dari buku textbook kimia karangan Raymond Chang pada KD 3 .2 dan KD 3.3. Kata Kunci: Analisis Struktur dan Konten, Kurikulum 2013, Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur, Desain Model of Educational Reconstruction (MER), Model Interaktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:12
Last Modified: 12 Mar 2020 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25975

Actions (login required)

View Item View Item