Pengaruh Sheet PowerPoint pada Mindmap dan Kemampuan Awal terhadap Kompetensi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi

Sriwahyuni, Welli (2019) Pengaruh Sheet PowerPoint pada Mindmap dan Kemampuan Awal terhadap Kompetensi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_WELLI_SRI_WAHYUNI_1103901_4880_2019.pdf

Download (477kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh pembelajaran yang mengunakan sheet PowerPoint pada Mind Map dengan pembelajaran mengunakan Mind Map tanpa sheet PowerPoint dan kemampuan awal terhadap kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor siswa pada pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII. Sampel penelitian adalah kelas VIII2 dan kelas VIII3. Kelas VIII2 adalah kelas yang mengunakan pembelajaran tanpa sheet PowerPoint pada Mind Map sedangakan kelas VIII3 diajarkan menggunakan sheet PowerPoint pada Mind Map. Rancangan penelitian yang digunakan factorial design 2x2. Teknik pengumpulan data adalah dengan pemberian tes pada ranah kognitif, dan non tes pada ranah afektif dan psikomotor. Analisis data yang digunakan adalah uji-t, uji ANAVA dua arah dan uji MannWhitney U. Hasil analisis data kompetensi pada ranahkognitif, afektif dan psikomotor pada kelas yang diajarkan mengunakan sheet PowerPoint pada Mind Map lebih baik dan berbeda secara signifikan dibandingkan kelas yang diajarkan dengan pembelajaran tanpa sheet PowerPoint pada Mind Map. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengunakan sheet PowerPoint pada Mind Map berpengaruh secara signifikan pada kompetensi belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:10
Last Modified: 12 Mar 2020 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25961

Actions (login required)

View Item View Item