Pengaruh Strategi PembelajaranCrossword Puzzle (Teka­ teki Silang) terhadap Kompetensi Belaj ar Peserta Didik di SMP Negeri 14 Padang.

Fauziah, Siti Verani (2019) Pengaruh Strategi PembelajaranCrossword Puzzle (Teka­ teki Silang) terhadap Kompetensi Belaj ar Peserta Didik di SMP Negeri 14 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SITI_VERANI_FAUZIAH_15031082_2647_2019.pdf

Download (691kB) | Preview

Abstract

Salah satu ciri Kurikulum 2013 adalah adanya interaksi yang aktif antara peserta didik dengan guru. Salah satu mata pelajaran yang dipelajari di SMP adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dalam hal meningkatkan daya ingat peserta didik terhadap istilah-istilah dalam pembelajaran IPA khususnya biologi, maka diperlukan suatu strategi agar peserta didik dapat mengingat istilah-istilah pada materi IPA. Hasil observasi peneneliti di SMPN 14 Padang menunjukkan bahwa guru masih menerapkan pembelajaran direct instruction. Sehingga banyak peserta didik yang kurang aktif dan masih rendahnya kompetensi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap kompetensi belaj ar peserta didik pada materi sistem ekskresi di SMPN 14 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMPN 14 Padang yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 berjumlah delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan lembar penilaian proyek untuk kompetensi keterampilan. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t. Berdasarkan data hasil uji t diketahui bahwa pada kompetensi pengetahuan thitung > ttabel (5,04 > 1,67), pada kompetensi sikap thitung > ttabel (4,57 > 1,67) dan pada kompetensi keterampilan thitung > ttabeI (4,35 > 1,67). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan kompetensi belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem ekskresi di SMPN 14 Padang. Kata Kunci: Crossword Puzzle, Kompetensi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Mar 2020 06:55
Last Modified: 11 Mar 2020 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25931

Actions (login required)

View Item View Item