Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Sosial Melalui Bermain Lempar Tangkap Bola Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas II C (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Cahaya Bunda Inderapura)

Suhardini, Feni (2019) Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Sosial Melalui Bermain Lempar Tangkap Bola Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas II C (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Cahaya Bunda Inderapura). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_FENI_SUHARDINI_15003011_5003_2019.pdf

Download (856kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Cahaya Bunda Inderapura pada anak tunagrahita sedang kelas II C, dimana peneliti menemukan seorang anak yang belum mampu berinteraksi dengan teman sebaya, guru serta lingkungan sekolah. Dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan hanya memberikan nasehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode bermain lempar tangkap bola dapat meningkatkan kemampuan keterampilan sosial anak tunagrahita sedang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan rekfleksi. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru kelas, peneliti sebagai pelaksana dan guru kelas sebagai pengamat atau kolaborator. Penelitian ini menggunakan metode bermain lempar tangkap bola untuk meningkatkan kemampuan keterampilan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak melalui bermain lempar tangkap bola yang dilakukan dengan dua siklus dapat meningkat. Dari hasil yang diperoleh pada pertemuan terakhir siklus I anak memperoleh nilai 53%. Oleh sebab itu peneliti dan guru kelas melanjutkan penelitian pada siklus II. Pada siklus kedua ini dapat disimpulkan bahwa pada umumnya anak sudah mampu berinteraksi dan bekerjasama melalui bermain lempar tangkap bola. Dimana hasil yang diperoleh anak pada pertemuan terakhir dalam siklus II adalah 82%, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa bermain lempar tangkap bola dapat meningkatkan keterampilan sosial bagi anak tunagrahita sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Mar 2020 06:55
Last Modified: 11 Mar 2020 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25926

Actions (login required)

View Item View Item