Pengembangan E-Modul Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Multirepresentasi dan Virtual Laboratory Kelas X SMA/MA.

Aulia, Annisatul (2019) Pengembangan E-Modul Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Multirepresentasi dan Virtual Laboratory Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ANNISATUL_AULIA_15035020_2950_2019.pdf

Download (606kB) | Preview

Abstract

Larutan elektrolit dan nonelektrolit merupakan materi yang terdiri dari teori dan praktikum. Tapi tidak semua sekolah yang melakukan praktikum dikarenakan kurangnya fasilitas labor kimia dalam melakukan praktikum. Pada pembelajaran kimia tidak lepas dari 3 aspek yaitu aspek makroskopis, mikroskopis dan simbolis. Ketiga aspek ini sangat berpengaruh dalam mempelajari ilmu kimia yang abstrak. Siswa lebih tertarik belajar dengan menggunakan bahan ajar yang dilengkapi gambar, vidio dan animasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dan menggunakan model 4-D yang meliputi empat tahap, diantaranya tahap define, design, develop, dan disseminate. Penelitian inidibatasi pada tahap develop. Uji validitas dilakukan oleh tiga orang dosen kimia FMIPA UNP dan dua orang guru kimia SMAN 4 Pariaman dengan menggunakan instrumen berupa kuisioner wawancara observasi, angket observasi siwa, angket validitas dan angket praktikalitas. Uji praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru kimia SMA dan 25 orang siswa kelas X IPA 1 SMAN 4 Pariaman dengan menggunakan instrumen berupa angket praktikalitas. Rata-rata momen kappa (k) hasil uji validitas dan praktikalitas oleh guru dan siswa terhadap e- modul berturut-turut adalah 0,90; 0,98; 0,83 dengan kategori kevalidan sangat tinggi, kategori kepraktisan dari guru sangat tinggi, dan kategori kepraktisan dari siswa sangat tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi multirepresentasi dan virtual laboratory pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit sudah valid dan praktis. Kata kunci : E-Modul, Larutan Elektrolit dan Nonelekrolit, Inkuiri Terbimbing, Multirepresentasi, Virtual Laboratory

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Mar 2020 06:54
Last Modified: 11 Mar 2020 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25911

Actions (login required)

View Item View Item