Hubungan Kemampuan Metakognisi dengan Kompetensi Kognitif Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Pertiwi 1 Padang.

Putri, Yolanda Septia (2019) Hubungan Kemampuan Metakognisi dengan Kompetensi Kognitif Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_YOLANDA_SEPTIA_PUTRI_15031050_3154_2019.pdf

Download (740kB) | Preview

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi kompetensi kognitif belajar, salah satunya adalah kemampuan metakognisi peserta didik. Metakognisi merupakan suatu istilah yang berkaitan dengan apa yang diketahui seseorang tentang individu yang belajar dan bagaimana individu mengontrol serta menyesuaikan perilakunya dalam belajar. Peserta didik dalam konteks pembelajaran seharusnya mengetahui bagaimana cara untuk belajar, mengetahui kemampuan dan modalitas belajar yang dimilikinya serta mengetahui strategi belajar terbaik untuk belajar efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan metakognisi dengan kompetensi kognitifbelajar biologi peserta didik kelas XI IPA SMA Pertiwi 1 Padang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket kemampuan metakognisi peserta didik yang diadopsi dari Metacognitive Awareness Inventory. Nilai kompetensi belajar biologi peserta didik kelas XI IPA SMA Pertiwi 1 Padang diambil dari rata-rata nilai ulangan harian materi KD 3 .10 dan KD 3 .11 peserta didik kelas XI IPA semester genap tahun ajaran 2018/2019. Analisis data menggunakan rumus korelasi Spearmen-Rank dan Product Moment untuk melihat erat atau tidaknya hubungan antara kemampuan metakognisi dengan kompetensi kognitifbelajar biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai kemampuan metakognisi peserta didik kelas XI IPA adalah 72,69 dengan kriteria baik dan rerata nilai UH sebesar 82,75 dengan kriteria baik. Analisis korelasi memperlihatkan bahwa kemampuan metakognisi peserta didik kelas XI IPA SMA Pertiwi 1 Padang memiliki hubungan yang sedang dan positif dengan kompetensi kognitif belajar peserta didik dengan nilai koefisien korelasi 0,63. Kemampuan metakognisi juga memberikan sumbangan yang cukup besar kepada kompetensi kognitif peserta didik yakni 39%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan metakognisi dengan kompetensi kognitif belajar biologi peserta didik kelas XI IPA SMA Pertiwi 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Mar 2020 02:53
Last Modified: 10 Mar 2020 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25844

Actions (login required)

View Item View Item