Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berpikir Kronologis Peserta Didik Kelas XI IIS SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Sutiawan, Achmad Edwin (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berpikir Kronologis Peserta Didik Kelas XI IIS SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ACHMAD_EDWIN_SUTIAWAN_15046035_5711_2019.pdf

Download (637kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kronologis peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya peserta didik yang belum mampu mengidentifikasi waktu suatu peristiwa dan menyusunnya dalam bentuk garis waktu. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran sejarah yang digunakan oleh guru mata pelajaran sejarah SMA Pembangunan Laboratorium UNP belum mampu mengembangkan keterampilan berpikir peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satu model altematif yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap keterampilan berpikir kronologis peserta didik Kelas XI IIS SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah Kelas XI IIS SMA Pembangunan Laboratorium UNP yang terdiri dari 4 kelas. Pemilihan sampel diambil berdasarkan teknik random kelompok (cluster random sampling). Dalam penelitian ini, peneliti memilih Kelas XI IIS 4 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatifberupa uji t. Setelah dilakukan uji t dengan menggunakan program SPSS versi 23 didapatkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < (lebih kecil dari) 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap keterampilan berpikir kronologis peserta didik Kelas XI IIS SMA Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Mar 2020 02:53
Last Modified: 10 Mar 2020 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25838

Actions (login required)

View Item View Item