Pengembangan Lembaran Kerja Peserta Didik dengan Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Rani, Afriza Rahma (2019) Pengembangan Lembaran Kerja Peserta Didik dengan Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_AFRIZA_RAHMA_RANI_17124076_6010_2019.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan penggunaan Lembaran Kerja Peserta Didik yang dipakai dalam pembelajaran yang diterbitkan secara kolektif oleh pemerintah, dan guru berfokus pada buku peserta didik, lembaran kerja peserta didik yang ada kurang terlihat pemecahan masalah yang memadukan beberapa disiplin ilmu sehingga pembelajaran kurang aktif dan kurang mampu menggali berpikir kritis peserta didik sesuai dengan model kurikulum 2013. Tujuan yang hendak dicapai adalah menghasilkan lembaran kerja peserta didik dengan Problem Based Learning yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Subjek uji coba adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Padang Utara. Validasi LKPD dilakukan dengan syarat menvalidasi didaktik, konstruksi dan teknis. Kepraktisan lembaran kerja peserta didik dilihat dari mengamati pelaksanaan pembelajaran, pengisian angket praktikalitas oleh guru dan peserta didik, sedangkan keefektifan dilihat dari mengamati aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaran kerja peserta didik dengan model PBL yang dikembangkan telah memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan. Lembar kerja peserta didik berbasis PBL pada kelas IV Sekolah Dasar telah dinyatakan valid. Hasil uji praktikalitas secara keseluruhan (keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik) diperoleh persentase kategori sangat praktis. Hasil uji efektifitas secara keseluruhan (aktivitas dan hasil belajar peserta didik) diperoleh dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, lembaran kerja peserta didik yang dikembangkan oleh peneliti telah membantu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik dengan model PBL di kelas IV Sekolah Dasar yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Mar 2020 02:52
Last Modified: 10 Mar 2020 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25815

Actions (login required)

View Item View Item