Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Materi Sistem Gerak pada Manusia Dilengkapi Teka-Teki Silang (TTS) IP A dan Peta Konsep.

Rivaldo, David (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Materi Sistem Gerak pada Manusia Dilengkapi Teka-Teki Silang (TTS) IP A dan Peta Konsep. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_DAVID_RIVALDO_14031026_2409_2019.pdf

Download (862kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam proses pembelajaran di sekolah. Penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan menambah salah satu bahan ajar yang bisa digunakan peserta didik dalam pembelajaran. Namun peranan media pembelajaran tidak akan terlihat bila penggunaannya tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Peserta didik sulit dalam menghubungkan konsep-konsep yang terdapat pada materi, kemudian peserta didik sulit untuk memahami konsep materi. Materi pada bahan ajar IPA yang digunakan seperti narasi, bahasa yang sulit dipahami, dan tampilannya yang kurang menarik. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka guru perlu mengembangkan bahan ajar yang diharapkan menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik dalam memahami konsep-konsep yang terdapat dalam materi pembelajaran IPA. Bahan ajar yang dikembangkan adalah modul. Modul yang dilengkapi teka-teki silang (TTS) dan peta konsep untuk memotivasi peserta didik dalam membaca. Berdasarkan hal diatas dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan modul pembelajar an untuk materi sistem gerak pada manusia dilengkapi teka-teki silang (TTS) IPA dan peta konsep yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research), menggunakan model pengembangan Plomp (2013) yang terdiri dari tahap investigasi awal (preliminary research), tahap pengembangan atau tahap pembuatan prototype (development or prototyping phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP, I orang guru IPA SMPN 15 Padang, dan 56 orang peserta didik Kelas VIII SMPN 15 Padang. Data dalam penelitian ini merupakan data yang diperoleh dari angket uji validitas dan uji praktikalitas. Data ini termasuk data primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung dari subjek penelitian. Dari penelitian, dihasilkan modul pembelajaran untuk materi sistem gerak pada manusia dilengkapi teka-teki silang (TTS) IPA dan peta konsep yang dikategorikan sangat valid dengan nilai 4,24, dinyatakan sangat praktis dengan nilai 4,33 oleh guru dan sangat praktis dengan nilai 4,71 oleh peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran untuk materi sistem gerak pada manusia dilengkapi teka-teki silang (TTS) IPA dan peta konsep yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dan sangat praktis. Kata Kunci: Modul, TTS, Sistem Gerak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Mar 2020 02:51
Last Modified: 10 Mar 2020 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25813

Actions (login required)

View Item View Item