Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMA Kelas X. Tesis.

Nasution, Dewi Harni (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMA Kelas X. Tesis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DEWI_HARNI_NASUTION_16205060_3346_2019.pdf

Download (843kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan matematika yang perlu dikembangkan bagi peserta didik, sehingga peserta didik mampu menyelesaikan masalah matematik dan juga ilmu pengetahuan lainnya serta mampu memberikan kemampuan nalar yang logis, sistematis, kritis dan terbuka yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil studi literatur dan studi pendahuluan menyatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya sumber belajar, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan tidak terbiasa mengerjakan soal-soal dalam bentuk pemecahan masalah. Oleh sebab itu, dirancanglah suatu perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning yang diharapkan nantinya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan Plomp. Plomp terdiri dari 3 tahap, yaitu preliminary research, prototype phase, dan assessment phase. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Panyabungan. Pada tahap preliminary research dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis karakteristik peserta didik, dan analisis konsep. Pada tahap prototype dilakukan perancangan RPP dan LKPD berbasis discovery learning, kemudian dilakukan evaluasi formatif untuk menentukan kevalidan dan kepraktisan produk. Pada tahap assesment dilakukan penilaian dengan uji praktikalitas dan efektivitas secara terbatas. Data praktikalitas diperoleh dari lembar keterlaksanaan RPP, angket praktikalitas guru, angket praktikalitas peserta didik. Data efektivitas diperoleh dari basil belajar peserta didik berupa tes akhir untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis discovery learning sudah valid dan praktis. Valid karena telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Praktis karena mudah digunakan dan dipahami, alokasi yang ditentukan sangat efisien, menarik, dan berkontribusi terhadap pembelajaran. Efektif dari segi dampak potensialnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Discovery Learning ii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Mar 2020 07:13
Last Modified: 06 Mar 2020 07:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25733

Actions (login required)

View Item View Item