Peningkatan Citra Diri Siswa dalam Pencegahan Kecenderungan Pornografi melalui Layanan Informasi

Zaid, Sartika Sari (2019) Peningkatan Citra Diri Siswa dalam Pencegahan Kecenderungan Pornografi melalui Layanan Informasi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SARTIKA_SARI_ZAID_16151042_4764_2019.pdf

Download (835kB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi khususnya internet, seringkali membawa berbagai dampak positif dan negatif bagi penggunanya terutama remaja. Dampak positif perkembangan teknologi informasi ini diantaranya adalah mempercepat seseorang dalam memperoleh informasi yang diinginkan dan memudahkan seseorang dalam mengerjakan suatu pekerjaan, disamping itu dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi ini justru mengakibatkan banyak remaja yang menjadi korban kejahatan seksual. Maraknya kasus pornografi yang semakin memprihatinkan, mengancam ranah pendidikan dan kehidupan sosial. Keadaan yang demikian sangat mengkhawatirkan, karena menyangkut persoalan agama dan moral yang dapat merusak generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, peningkatan citra diri sangat perlu dilakukan agar generasi penerus dapat menampilkan citra diri yang baik yang sesuai dengan nilai dan norma yang ada di lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) gambaran citra diri siswa di kelas XI SMA, (2) efektivitas layanan informasi yang dilaksanakan Konselor terhadap peningkatan citra diri siswa dalam pencegahan kecenderungan pornografi di kelas XI SMA, dan (3) validitas dan praktikalitas layanan informasi terhadap peningkatan citra diri dalam pencegahan kecenderungan pornografi di kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang biasa disebut Research and development (R & D) dengan mengikuti langkah-langkah pengembangan 4-D (Define, Design, Development and Desseminate). Populasi penelitian ini siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Kota Padang, dengan teknik pengambilan sample menggunakan Proportional Random Sampling yang berjumlah 107 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan metode skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar siswa memiliki tingkat citra diri pada kategori tinggi dan sisanya berada pada kategori sedang, (2) berdasarkan uji efektivitas diperoleh bahwa penggunaan panduan memiliki pengaruh terhadap peningkatan citra diri siswa dalam pencegahan pornografi, dan (3) panduan peningkatan citra diri siswa dalam pencegahan pornografi melalui layanan informasi ini dinilai sesuai secara materi dan tampilan serta tingkat keterpakaian panduan baik digunakan oleh Konselor. Dengan demikian panduan peningkatan citra diri siswa dalam pencegahan pornografi melalui layanan informasi layak dipergunakan oleh Konselor dan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:04
Last Modified: 05 Mar 2020 04:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25688

Actions (login required)

View Item View Item