Efektivitas Media Pembelajaran Gelas Bilangan Dalam Meningkatkan Hasil Belaiar Operasi Pengurangan Deret Kebawah Pada Anak Diskalkulia (Pre Experimental Design di SD N 07 Binuang Kampung Dalam)

Yovelia, Nadya (2019) Efektivitas Media Pembelajaran Gelas Bilangan Dalam Meningkatkan Hasil Belaiar Operasi Pengurangan Deret Kebawah Pada Anak Diskalkulia (Pre Experimental Design di SD N 07 Binuang Kampung Dalam). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_2_NADYA_YOVELIA_15003131_5214_2019.docx

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang tampak di lapangan, yaitu anak diskalkulia di kelas IV SD N 07 Binuang Kampung Dalam Padang yang mengalami permasalahan dalam menghitung operasi pengurangan deret kebawah denzan teknik meminiam. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu metode eksperimen berbentuk pre-experimental design. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest- posttest design. dengan kelornpok kontroi sama dengan kelompok eksperimen dalam penelitian. Penelitian ini dilakukan di kelas IV dengan subjek lima orang anak diskalkulia. Dimana subjek diberikan pretest selanjutnya dilakukan treatment dengan media pembelaiaran gelas bilangan, dan diianjutkan dengan memberikan posttest untuk melihat kemampuan setelah treatment. Nilai dari pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan menggunakan uji Mann Whitne-v untuk:menz-u-ii hi.o. otesis o.. enelitian. Ilasil penelitian ini menunjukkan bahwa data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji Mann Whitney yang menghasilkan U.1iu = 25 dan Utab = 4 n- ada taraf sia-nifikan 95% dan a = 0.05. Hio- otesis alternative diterima karena Uh;, :'.S Utah, jadi tcrbukti bahwa media gclas bilangan cfcktif untuk mcningkatkan kemampuan menghitung operasi pengurangan deret kebawah dengan teknik meminjam bagi anak diskalkulia di SUN 07 Binuang Kampung Dalam Padang, Saran dalam penelitian ini datam meningkatkan hasil belajar anak pada pembelajaran matematika sebaiknya menggunakan media pembelajaran seperti yang diiakukan pada penelitian ini menggunakan media gelas bilangan dengan tujuan mcmpcrmudah anak mcmahami pcmbclajaran opcrasi hitung pcngurangan deret kebawah dengan teknik meminjam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Mar 2020 02:39
Last Modified: 05 Mar 2020 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25682

Actions (login required)

View Item View Item