Analisis Perilaku Asertif Mahasiswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Latar Belakang Budaya

Wibowo, Tianda Hazmil (2019) Analisis Perilaku Asertif Mahasiswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Latar Belakang Budaya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_TIANDA_HAZMIL_WIBOWO_15006050_4717_2019.pdf

Download (479kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya mahasiswa yang yang tidak mampu untuk berperilaku secara asertif. Hal itu dapat dilihat dari perilaku mahasiswa yang tidak dapat menyampaikan apa yang dirasakannya kepada pihak tertentu tanpa menyakiti perasaan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku asertif mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin, dan latar belakang budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif komparatif dengan model faktorial 2x4. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang (BK FIP UNP) tahun masuk 2015 sampai 2018. Jumlah sampel sebanyak 248 orang mahasiswa dengan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket tentang perilaku asertif dengan model skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis varian (ANAVA). Hasil penelitian mengungkapkan: ( 1) perilaku asertif mahasiswa BK FIP UNP berdasarkan dari jenis kelamin yaitu perempuan berada pada kategori sedang, laki-laki berada pada kategori tinggi, dan terdapat perbedaan signifikan perilaku asertif mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin, (2) perilaku asertif mahasiswa BK FIP UNP berdasarkan latar belakang budaya (Minang, Melayu, Batak, dan Kerinci) berada pada kategori sedang dan tidak terdapat perbedaan signifikan perilaku asertif ditinjau dari latar belakang budaya, (3) tidak terdapat interaksi perilaku asertif mahasiswa dilihat dari jenis kelamin dan latar belakang budaya secara bersamaan. Implikasi hasil penelitian tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu pedoman dalam menetapkan pemberian layanan BK terutama yang berkaitan dengan upaya dalam meningkatkan perilaku asertif mahasiswa melalui layanan penguasaan konten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 04 Mar 2020 03:13
Last Modified: 04 Mar 2020 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25630

Actions (login required)

View Item View Item