Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Kontekstual tentang Sistem Organisasi Kehidupan untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs

Ahmad, Supriyadi (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Kontekstual tentang Sistem Organisasi Kehidupan untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_AHMAD_SUPRIYADI_1301500_5021_2018.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah upaya-upaya yang meliputi penyampaian ilmu pengetahuan, pengorganisasian dan menciptakan proses belajar mengajar dengan berbagai metode yang bertujuan mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Pembelajaran IPA disekolah dapat tercapai dengan baik, apabila siswa mencapai kompetensi yang telah ditetapkan pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Kompetensi tersebut dicapai melalui strategi pembelajaran dan bahan ajar. Bahan ajar yang digunakan belum mencapai kompetensi pemahaman siswa dikarenakan konten materi tidak terkait dengan konteks kehidupan siswa. Untuk itu, diperlukan bahan ajar berbasis pendekatan kontekstual dalam bentuk LKPD. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan validitas dan praktikalitas LKPD berbasis pendekatan kontekstual tentang sistem organisasi kehidupan untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian RnD (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D melalui tiga tahapan, yaitu define, design, dan develope. Tahap define adalah menetapkan masalah utama dalam pembelajaran IPA melalui wawancara dan pengisian angket. Tahap design adalah tahap menyiapkan prototipe LKPD yang akan dikembangkan. Tahap develope adalah tahap menghasilakan LKPD berbasis pendekatan kontekstual yang valid dan praktis melalui pengisian angket validitas dan angket praktikalitas. LKPD berbasis pendekatan kontekstual sudah memiliki kriteria valid dengan nilai rata-rata validasi 82 % dan sudah praktis oleh guru dan siswa dengan nilai rata-rata praktikalitas masing-masing 83 % dan 88%. Dengan demukian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan kontekstual sudah berada pada tingkat valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 04 Mar 2020 01:51
Last Modified: 04 Mar 2020 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25621

Actions (login required)

View Item View Item