Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kemandirian Remaja

lndrayati, Nia (2019) Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kemandirian Remaja. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_NIA_INDRAYATI_15006133_4661-2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemandirian salah satu proses berkurangnya ketergantungan kepada orangtua. Pada proses tersebut remaja hams belajar dan berlatih bertindak sesuai dengan keinginan, keputusan sendiri sehingga bertanggung j awab atas sesuatu yang dilakukannya, sehingga hal tersebut remaja dapat melepaskan diri dari ketergantungan pada orangtua atau orang lain. Berdasarkan fenomena dilapangan terdapat remaja yang tidak mampu menyelesaikan permasalahan sendiri, remaja yang tidak mampu mengambil keputusan sendiri, siswa tidak dapat mempertimbangkan atau bertanggung jawab tentang resiko baik atau buruk dari tindakan dan tingkahlakunya. Adapun Tujuan dari penelitian ini untuk menguji apakah terdapat hubungan antara pola asuh orangtua dengan kemandirian remaja. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII SMAN 3 Lubuk Basung yang berjumlah 421 orang. Jumlah sampel sebanyak 168 siswa dipilih dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan model skala Likert. Data analisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan untuk melihat hubungan pola asuh orangtua dengan kemandirian remaja digunakan analisis statistik Pearson Product Moment Correlation. Hasil penelitian menggungkapkan bahwa ( 1) pola asuh yang diterapkan orangtua kepada anaknya dari empat bentuk pola asuh di SMAN 3 Lubuk Basung sebagian besar adalah pola asuh authoritative. (2) kemandirian remaja dari tiga jenis kemandirian di SMAN 3 Lubuk Basung menerapkan kemandirian nilai (3) terdapat hubungan positif pola asuh authoritative dengan kemandirian remaja signifikan 0,005. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada guru BK/ Konselor sekolah untuk dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling, yaitu layanan informasi dan layanan bimbingan kelompok agar dapat membantu siswa yang mempunyai masalah mengenai kemandirian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Mar 2020 06:43
Last Modified: 03 Mar 2020 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25587

Actions (login required)

View Item View Item