Pengembangan Multimedia Pembelajaran lnteraktif Berbasis Konstruktivisme untuk Materi Geometri pada SMP.

Alfajri, Nur (2019) Pengembangan Multimedia Pembelajaran lnteraktif Berbasis Konstruktivisme untuk Materi Geometri pada SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NUR_ALFAJRI_14029012_705_2019.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Multimedia pembelajaran interaktif merupakan alat penunjang dalam proses pembelajaran agar lebih menarik. Multimedia pembelajaran interaktif dapat membantu memvisualisasikan pembelajaran yang masih bersifat abstrak salah satunya pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis konstruktivisme untuk materi bangun ruang sisi datar yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari tahap preliminary research dan prototyping phase. Tahap Preliminary research meliputi analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum dan analisis konsep. Prototyping phase merupakan tahap untuk merancang multimedia pembelajaran interaktif yang terdiri Prototype l, Prototype 2, Prototype 3 dan Prototype 4. Pada Prototype 1 dilakukan evaluasi diri sendiri (self evaluation). Pada Protoype 2 dilakukan expert reviews yang diperlukan untuk uji validitas multimedia pembelajaran interaktif. Pada Prototype 3 dilakukan evaluasi satu-satu (one-to-one evaluation) yaitu mengujicobakan multimedia pembelajaran interaktif yang sudah divalidasi kepada tiga orang peserta didik dengan kemampuan berbeda. Pada Prototype 4 dilakukan tahap small group evaluation kepada sembilan orang peserta didik. Small group evaluation dilakukan untuk mengetahui praktikalitas multimedia pembelajaran interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis konstruktivisme untuk materi bangun ruang sisi datar mempunyai tingkat validitas dengan kategori sangat valid (berdasarkan basil validasi tiga pakar yaitu pakar matematika, multimedia, dan bahasa). Berdasarkan penelitian bahwa multimedia pembelajaran interaktif mempunyai tingkat praktikalitas dengan kategori sangat praktis (berdasarkan hasil angket dan wawancara). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif yang dihasilkan sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:51
Last Modified: 03 Mar 2020 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25566

Actions (login required)

View Item View Item