Hubungan Gaya Pengasuhan Autoritatif Dengan Number Sense Siswa SD

Fitri, Hildea Wenny Astria (2019) Hubungan Gaya Pengasuhan Autoritatif Dengan Number Sense Siswa SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
8_HILDEA_WENNY_15011013_5330_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil matematika berdasarkan TIMSS (Trends International Mathematics and Science Study) masih rendah karena kemampuan number sense lemah. Number sense mengacu pada pemahaman angka dan dapat menggunakan angka serta pengoperasiannya secara flexibel. Semakin baik pola asuh maka semakin baik pula hasil belajar matematika yang akan diperoleh siswa. Gaya pengasuhan yang mempengaruhi secara signifikan dan berpengaruh positif adalah gaya pengasuhan otoritatif. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional yang menghubungkan antara gaya pengasuhan otoritatif dengan number sense siswa SD di Bukittinggi. Responden berjumlah 97 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan linieritas serta uji korelasi product moment dari Karl Pearson menggunakan bantuan SPSS 16.0for windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa number sense siswa kelas V SD di Bukittinggi berada pada kategori sedang dan gaya pengasuhan otoritatif berada pada kategori tinggi. Kemudian hasil penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara gaya pengasuhan otoritatif dengan number sense dengan rxy =0,298 dan p =0,008 (p<0,05) itu artinya jika gaya pengasuhan otoritatif tinggi maka number sense juga akan meningkat dan jika gaya pengasuhan otoritatif rendah maka number sense juga cukup rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:51
Last Modified: 03 Mar 2020 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25555

Actions (login required)

View Item View Item