Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Gelombang Berbantuan Aplikasi Android untuk Kelas XI SMA/MA.

Pentury, Helena (2019) Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Gelombang Berbantuan Aplikasi Android untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_HELENA_PENTURY_15033058_3844_2019.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena proses pembelajaran di dalam kelas belum berbasis model discovery learning dan pemanfaatan android peserta didik hanya digunakan untuk bermain game atau mengakses sosial media saja. Selain itu, kelengkapan perangkat pembelajaran seperti LKPD yang dimiliki guru masih dalam kategori kurang lengkap, padahal peserta didik lebih tinggi tingkat pemahamannya apabila menggunakan LKPD. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis model discovery learning berbantuan aplikasi android dan mengetahui tingkat kevalidan LKPD tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed method research atau penelitian kombinasi. Penelitian ini menggunakan instrumen uji validitas yang berisi aspek substansi materi, tampilan, dan pemanfaatan software Adobe Flash CS6. Data yang didapatkan dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk tabel dan kemudian dianalisis untuk menentukan kriteria kevalidan LKPD. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa LKPD yang dihasilkan memuat teks, animasi, suara, musik dan video dengan persentase uji validitas pertama 80 (%) yang masuk dalam kategori valid dan uji validitas kedua 86 (%) dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji validitas tersebut, maka LKPD berbasis model discovery learning pada materi gelombang berbantuan aplikasi android kelas XI SMA/MA adalah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: LKPD, discovery learning, gelombang, android.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Mar 2020 03:07
Last Modified: 02 Mar 2020 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25546

Actions (login required)

View Item View Item