Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Kelas X SMA.

Jannah, Miftahul (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_MIFTAHUL_JANNAH_15033060_5665_2019.pdf

Download (701kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran adalah kemampuan kognitif peserta didik meningkat. Dalam upaya meningkatkan kemampuan kognitif tersebut, ada kalanya peserta didik perlu mendapat bimbingan agar kemampuan berpikimya meningkat dari kemampuan rata-rata yang dimilikinya. Salah satu bentuk bimbingannya ialah dengan strategi scaffolding. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menghasilkan lembaran kerja peserta didik berbasis strategi scaffolding untuk meningkatkan kemampuan kognitif, serta menentukan kelayakannya yang ditinjau dari kevalidan dan kepraktisannya.Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMAN 2 Pariaman pada semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang direduksi menjadi 3D (define, design dan development). Lembar kerja peserta didik yang dikembangkan melibatkan 5 orang validator dan 2 orang guru fisika sebagai praktisi serta 1 kelas untuk menguji praktikalitas. Instrumen validitas dan praktikalitas digunakan setelah melalui diskusi bersama validator dengan indikator tujuan pengembangan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan rumus momen kappa. Hasil penelitian yang didapatkan dari uji kelayakan dan kepraktisan LKPD berbasis scaffolding berdasarkan penilaian validator dikategorikan sudah valid, dengan nilai rata-rata momen kappa sebesar 0,82 pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan penilaian praktisi dikategorikan sudah praktis dengan rata-rata momen kappa sebesar 0,87 oleh guru dan 0,74 oleh peserta didik. Sehingga LKPD berbasis scaffolding sudah dapat dikatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran fisika kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Mar 2020 01:45
Last Modified: 02 Mar 2020 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25529

Actions (login required)

View Item View Item