Implementasi Pendidikan Literasi lntrakurikuler pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA N 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan

Yulinda, Vera (2019) Implementasi Pendidikan Literasi lntrakurikuler pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA N 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_VERA_YULINDA_15058103_5950_2019.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gerakan literasi sekolah yang ada di SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti, secara prosedural sudah berjalan tapi secara subtansi belum terlaksana dengan baik,dalam program gerakan literasi sekolah (GLS) yang diterapkan adalah gerakan literasi intrakurikuler dimana gerakan ini bisa meningkatkan minat baca terhadap siswa tapi pada kenyataannya tidak berj alan dengan baik. Penelitian ini menggunakan teori Difusi Inovasi dari Robert dan Kanuk. asumsi dasar teori ini adalah proses dimana suatu inovasi seperti literasi itu adalah sesuatu yang baru atau penemuan baru yang diterapkan oleh pemerintah dan dikomunikasikan melalui para siswa dalam jangka waktu seperti disekolah di antara para siswa yang dianjurkan oleh pemerintah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif karena penelitian ini memberikan gambaran yang mendalam dan mendetail mengenai implementasi pendidikan literasi intrakurikuler pada mata pelajaran sosiologi. Informan penelitian berjumlah 9 orang . Teknik pemilihan informan yang digunakan peneliti adalah purposive sampling. Pegumpulan data dilakukan dengan cara observasi pasif , studi dokumentasi dan wawancara mendalam, peneliti melakukan triangulasi data. Analisis dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Mathew Milles dan Hubermans. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa implementasi pendidikan literasi intrakurikuler di SMA N 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan adalah (1) Waktu dan tempat pelaksanaan literasi terhadap pembelajaran sosiologi. (2) Bentuk integrasi pendidikan literasi dalam mata pelajaran adalah guru hams mengaitkan proses pembelajaran dengan dengan kegiatan literasi.(3) sarana dan prasarana pendukung kegiatan literasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Feb 2020 03:21
Last Modified: 28 Feb 2020 03:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25509

Actions (login required)

View Item View Item