Analisis Struktur Konten Kurikulum 2013 Kimia pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit serta Sifat Koligatif Larutan Menggunakan Model Of Educational Reconstruction (MER).

Ulfah, Masita (2019) Analisis Struktur Konten Kurikulum 2013 Kimia pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit serta Sifat Koligatif Larutan Menggunakan Model Of Educational Reconstruction (MER). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MASITA_ULFAH_15035107_3123_2019.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Kurikulum yang berlaku di Indonesia saat ini adalah kurikulum 2013. Kurikulum 2013 mulai diberlakukan tahun ajaran 2013/2014. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat berbagai permasalahan, diantaranya ketidak selarasan antara KI, KD, dan buku. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis struktur konten terhadap kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian struktur konten kurikulum 2013 kimia pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit serta sifat koligatif larutan berdasarkan taksonomi bloom revisi, domain keterampilan, dan texbook standar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan Model Of Educational Reconstruction (MER).Model ini terdiri dari tiga komponen, yaitu: ( 1) analisis struktur konten, (2) penelitian pengajaran dan pembelajaran, dan (3) pengembangan dan evaluasi pembelajaran. Analisis struktur konten didasarkan pada taksonomi bloom, domain keterampilan, dan textbook standar kimia karangan Raymond Chang. Sumber data pada penelitian diperoleh dari Salinan permendikbud Nomor 21 tahun 2016 mengenai standar isi dan salinan permendikbud Nomor 3 7 tahun 2018 mengenai kompetensi inti dan kompetensi dasar. Instrumen penelitian berupa tabel analisis struktur konten berupa analisis KI 3, analisis KI 4, analisis KD, analisis hubungan KI dan KD, analisis materi buku teks kimia SMA, dan analisis hubungan KI, KD, dan materi. Penelitian memberikan hasil rekomendasi struktur konten berupa hubungan KI, KD, dan materiyang cocok pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit serta sifat koligatif larutan. Kata kunci: analisis, Kurikulum 2013, Model Of Educational Reconstruction (MER), struktur konten,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Feb 2020 00:24
Last Modified: 28 Feb 2020 00:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25500

Actions (login required)

View Item View Item