Pengaruh Kompetensi, Lingkungan Kerja Fisik dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Nagari dalam Pengelolaan Keuangan Nagari di Kabupaten Tanah Datar

Rozanti, Tania (2019) Pengaruh Kompetensi, Lingkungan Kerja Fisik dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Nagari dalam Pengelolaan Keuangan Nagari di Kabupaten Tanah Datar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_TANIA_ROZANTI_17208030_2910_2019.pdf

Download (807kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh kompetensi, lingkungan kerja fisik, dan motivasi kerja terhadap kinerja aparatur pemerintah nagari dalam pengelolaan keuangan nagari, baik secara langsung maupun tidak langsung pada aparatur nagari di Kabuapten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan variabel eksogen yaitu variabel kompetensi (X1), lingkungan kerja fisik (X2), variabel intervening motivasi kerja (X3) dan variabel endogen yaitu kinerja aparatur nagari dalam pengelolaan keuangan nagari (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh aparatur nagari yang ada di Kabupeten Tanah Datar yaitu sebanyak 600 aparatur nagari. Sampel diperoleh melalui multistage random sampling, sehingga responden dalam penelitian ini berjumlah 248 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis dan dibagi menjadi 2 jalur yaitu sub strukur 1 dan Sub Struktur 2. Data dikumpulkan melalui angket yang telah divalidasi dan direliabilitas terlebih dahulu baik konten maupun uji empirik item di lapangan. Hasil penelitian ini telah menemukan bahwa model hipotesis, terbukti dapat dijadikan sebuah model baru dalam meningkatkan kinerja aparatur nagari terutama dalam bidang pengelolaan keuangan nagari. Temuan penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat pengaruh langsung kompetensi terhadap motivasi kerja sebesar 31,58% dengan signifikansi 0,000. 2)Terdapat pengaruh langsung lingkungan kerja fisik terhadap motivasi kerja sebesar 2,13% dengan signifikansi 0,000. 3) Terdapat pengaruh langsung kompetensi terhadap kinerja aparatur nagari dalam pengelolaan keuangan nagari sebesar 19,98% dengan signifikansi 0,000. 4) Terdapat pengaruh langsung lingkungan kerja fisik terhadap kinerja aparatur nagari dalam pengelolaan keuangan nagari sebesar 2,37% dengan signifikansi 0,000. 5) Terdapat pengaruh langsung motivasi kerja terhadap kinerja aparatur nagari dalam pengelolaan keuangan nagari sebesar sebesar 3,45% dengan signifikansi 0,000. 6) Terdapat pengaruh tidak langsung kompetensi terhadap kinerja aparatur nagari dalam pengelolaan keuangan nagari melalui motivasi kerja sebesar 4,67%. 7) Terdapat pengaruh tidak langsung lingkungan kerja fisik terhadap kinerja aparatur nagari dalam pengelolaan keuangan nagari melalui motivasi kerja sebesar 0,16%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Feb 2020 06:56
Last Modified: 26 Feb 2020 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25449

Actions (login required)

View Item View Item