Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Prezi Dilengkapi Buku Panduan pada Materi Keanekaragaman Hayati. untuk Peserta Didik Kelas X di SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Juwita, Eka Rahma (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Prezi Dilengkapi Buku Panduan pada Materi Keanekaragaman Hayati. untuk Peserta Didik Kelas X di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_EKA_RAHMA_JUWITA_15031102_2422_2019.pdf

Download (808kB) | Preview

Abstract

Guru diharapkan mampu memanfaatkan multimedia dalam pembelajaran. Salah satu contoh pemanfaatannya adalah aplikasi untuk media pembelajaran selain presentasi Power Point, yaitu aplikasi Prezi. Prezi adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat presentasi lebih menarik. Prezi dapat memuat teks, gambar, video dan media presentasi lainnya yang ditempatkan di atas kanvas presentasi dan dapat dikelompokkan dalam bingkai-bingkai yang telah disediakan. Sebagian besar banyak guru yang tidak mampu mengaplikasikan multimedia khususnya aplikasi Prezi, maka perlu adanya buku panduan penggunaan aplikasi Prezi agar guru dan peserta didik mampu menggunakan aplikasi sebagai media untuk pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Prezi dilengkapi buku panduan pada materi keanekaragaman hayati untuk peserta didik kelas X SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development dengan menggunakan model Instructional Development Institute (ID!). Objek penelitian ini adalah media pembelajaran menggunakan aplikasi Prezi dilengkapi buku panduan pada materi keanekaragaman hayati untuk peserta didik kelas X. Subjek uji coba penelitian ini 30 orang peserta didik kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP sebagai praktikalitas penggunaan aplikasi Prezi dan buku panduan serta validasi oleh 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru Biologi SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa hasil validasi menunjukkan nilai rata-rata sebesar 89 ,93 dengan kategori valid. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan aplikasi Prezi dilengkapi buku panduan dikembangkan valid baik dari segi aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian maupun aspek kegrafikan. Hasil praktikalitas menunjukkan nilai rata-rata 99,36 untuk guru dengan kategori sangat praktis dan 91,89 untuk peserta didik dengan kategori sangat praktis. Maka dari itu, media pembelajaran menggunakan aplikasi Prezi dilengkapi buku panduan pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA sudah valid dan praktis untuk membantu proses pembelajaran. Kata kunci: Prezi, Buku Panduan, Keanekaragaman Hayati, !DI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Feb 2020 04:20
Last Modified: 25 Feb 2020 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25426

Actions (login required)

View Item View Item