Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Kompetensi Peserta Didik di SMPN 28 Padang.

Krisdayanti, Natalia (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Kompetensi Peserta Didik di SMPN 28 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NATALIA_KRISDAYANTI_15031018_2819_2019.pdf

Download (656kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu kurangnya minat, motivasi, keberanian dan percaya diri peserta didik untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya kompetensi belajar peserta didik kelas VIII SMPN 28 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran circuit learning pada kompetensi sikap, pengctahuan, keterampilan peserta didik di SMPN 28 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan control group posstest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang terdaftar tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik porposive sampling dan diperolch kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 7 sebagai kelas kontrol. Obeservasi untuk memperoleh data sikap, lembar soal untuk memperoleh data pengetahuan dan lembar penilaian portopolio untuk memperoleb data keterampilan. Uji hipotesis menggunakan Uji-t. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t'. Hasil uji t' diketahui bahwa pada kompetensi sikap nilai thitung= 1,84 sedangkan ttabe1= 1,67 berarti thitung > ttabel dengan demikian hipotesis diterima. Pada kompetensi pengetahuan basil tes akhir peserta didik dengan rata-rata kelas eksperimen 78,90 dan kelas kontrol 69,33 basil uji-t didapatkan thitung =3,34 sedangkan ttabei=l,67 berarti thitung > ttabel dengan demikian hipotesis diterima. Pada kompetensi keterampilan basil uji-t didapatkan thitung= 4,16 sedangkan ttabei=l,67 berarti thitung > ttabel dengan demikian hipotesis diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran circuit learning dapat meningkatkan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas VIII SMPN 28 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Feb 2020 07:18
Last Modified: 24 Feb 2020 07:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25404

Actions (login required)

View Item View Item