Kemampuan number sense siswa Sekolah Dasar ditinjau dari perbedaan jenis kelamin di Kota Bukittinggi

Wahyuni, Dara Septa (2019) Kemampuan number sense siswa Sekolah Dasar ditinjau dari perbedaan jenis kelamin di Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
8_DARA_SEPTA_WAHYUNI_15011004_4660_2019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada era zaman sekarang ini, sebagian besar siswa terutama di sekolah dasar masih beranggapan bahwa Matematika adalah pelajaran yang sangat sulit. Pada umumnya setiap sikap seseorang termasuk kepada suatu sikap, baik itu dianggap sikap Matematika atau sikap matematis, hal ini berkembang sejalan dengan pengalaman belajar seseorang. Istilah number sense di perkenalkan untuk menyebut kemampuan Matematika dimana number sense memiliki beberapa faktor di dalamnya antara lain faktor budaya, faktor kognitif, faktor psikologis dan sosiologis, faktor rentang budaya dan faktor biologis. Tetapi, faktor yang terdapat dalam penelitian ini adalah faktor psikologis dan sosiologis dimana faktor tersebut memiliki arti bahwa Faktor psikologis yang dicontohkan disini seperti rata-rata wanita menunjukkan kecemasan yang lebih besar daripada pria dalam pelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan number sense siswa ditinjau dari jenis kelamin laki-laki dan perempuan serta melihat apakah ada perbedaan kemampuan number sense ditinjau dari jenis kelamin. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar di Kota Bukittinggi. Sampel ditarik dengan menggunakan teknik cluster purposive sampling hingga di dapatkan subjek sebanyak 97 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur number sense test sebanyak 22 butir soal. Data diperoleh dengan analisis uji beda t-test menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Temuan penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan number sense siswa ditinjau dari perbedaan jenis kelamin di Kota Bukittinggi dimana berdasarkan pengkategorian peraspek diperoleh bahwa siswa laki-laki dan perempuan sama pada semua aspek number sense yaitu aspek konsep bilangan kategori rendah, aspek representasi berganda kategori sedang, aspek pengaruh operasi kategori rendah, aspek bentuk ekspresi matematika yang setara kategori rendah dan aspek perhitungan dan strategi menghitung kategori sedang Hasil penelitian didapatkan nilai p=O, 135 (p>0,05) dan nilai t sebesar 1,442 signifikan pada taraf 0.05, yang berarti tidak terdapat perbedaan kemampuan number sense siswa ditinjau dari jenis kelamin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Feb 2020 02:00
Last Modified: 20 Feb 2020 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25341

Actions (login required)

View Item View Item