Hubungan Antara Stres Akademik dengan Intensitas Bermain Game Online Pada Siswa SMA PGRI 2 Padang

Agusman, Rizki (2019) Hubungan Antara Stres Akademik dengan Intensitas Bermain Game Online Pada Siswa SMA PGRI 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_RIZKI_AGUSMAN_15006103_5836_2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan yang dilaksanakan saat ini banyak menghadapi problematika dan rintangan, di antaranya pengaruh teknologi yang semakin pesat dan maju. Penemuan teknologi informasi berkembang dalam skala massal. Teknologi telah mengubah bentuk masyarakat, dari masyarakat dunia lokal menjadi masyarakat dunia global. Tugas perkembangan remaja kecenderungan remaja seharusnya dapat mencapai kemandirian emosional dan bersosialisasi dengan teman sebaya serta lawan jenis, namun kenyataan di lapangan masih banyak remaja yang belum bisa mencapai tugas perkembangan tersebut. Dalam proses belajar banyak remaja yang merasa tidak sanggup menghadapi tuntutan akademik yang didapatkannya dalam dunia pendidikan dan mengalami stres, sebagian besar diantaranya melepaskan stres dengan bermain game online. J enis penelitian ini tergolong pada deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA PGRI 2 Padang tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 180 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 64 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution for windows version 20. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) Tingkat stres akademik siswa SMA PGRI 2 Padang berada pada kategori sedang, (2) Tingkat intesitas bermain game online siswa SMA PGRI 2 Padang berada pada kategori sedang, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara stres akademik dengan intesitas bermain game online siswa SMA PGRI 2 Padang dengan pearson correlation 0.532 dan taraf signifikan 0,000 dengan tingkat hubungan cukup kuat. Penelitian ini diharapkan siswa meningkatkan pengelolaan stres akademik yang masih kurang baik dan memahami dampak dari bermain game online. Kepada guru BK diharapkan agar dapat memberikan masukan bagi pihak sekolah untuk menyusun program BK dalam mengembangkan langkah-langkah untuk mencegah terj adinya stres akademik yang dialami siswa, serta membuat usaha preventif terhadap intensitas siswa dalam bermain game online. Kepada peneliti selanjutnya, diharapkan untuk menelaah serta meneliti lebih lanjut tentang stres akademik dan intesitas bermain game online dengan mengambil aspek-aspek yang berbeda, serta jumlah sampel yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Feb 2020 01:31
Last Modified: 19 Feb 2020 01:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25318

Actions (login required)

View Item View Item