Hubungan Antara Dukungan Sosial Pasangan dengan Work­ Family Balance pada Perawat Wanita Di RUSD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi

Pratiwi, Bella (2019) Hubungan Antara Dukungan Sosial Pasangan dengan Work­ Family Balance pada Perawat Wanita Di RUSD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_BELLA_PRATIWI_15011168_5013_2019.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial pasangan dengan work-family balance pada perawat wanita di RSAM Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah perawat wanita. Sampel penelitian berjumlah 50 orang, dengan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan skala dukungan sosial dan work-family balance yang terdiri dari aspek menurut House (1981) dan Greenhaus (2003). Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product momen dari Karl Pearson. Hasil dari penelitian ini menemukan koefisien korelasi (r) sebesar 0,617 dan p= 0,01 (p< 0,05) yang menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial dengan work-family balance pada perawat wanita yang telah menikah. Semakin tinggi tingkat dukungan sosial pasangan maka semakin tinggi pula work-family balance yang dimiliki perawat wanita. Sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial pasangan maka semakin rendah work-family balance yang dimiliki perawat wanita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:43
Last Modified: 18 Feb 2020 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25296

Actions (login required)

View Item View Item