Hubungan Antara Metode dengan Hasil Pencapaian Keterampilan Kepramukaan pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP N egeri 1 Bukittinggi.

Putri, Rafinda (2019) Hubungan Antara Metode dengan Hasil Pencapaian Keterampilan Kepramukaan pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP N egeri 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_RAFINDA_PUTRI_15005094_5871_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberhasilan kegiatan estrakurikuler pramuka di SMP Negeri 1 Bukittinggi. Hal ini diduga karena penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh pelatih. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pencapaian keberhasilan keterampilan pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 1 Bukittinggi yang dilihat dari penggunaan metode demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah anggota pramuka. Penarikan sampel yang digunakan cluster random. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan alat pengumpulan data menggunakan daftar pernyataan (kuisioner). Teknik analisis data menggunakan rumus product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan aspek-aspek dalam penggunaan metode demonstrasi pada kegiatan pramuka terlihat sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan alternatif jawaban dan tanggapan :Selalu" dan "Mampu" pada setiap aspek tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan pelatih dapat mempertahankan penggunaan metode demonstrasi pada materi semaphore yang akan dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Feb 2020 02:31
Last Modified: 17 Feb 2020 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25268

Actions (login required)

View Item View Item