Pengembangan E-modul Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikandi Universitas Negeri Padang

Sasqia, Ginta (2019) Pengembangan E-modul Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikandi Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_GINTA_SASQIA_15004083_5124_2019.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Pengembangan e-modul pada mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Padang bertujuan untuk menyediakan sumber belajar berbasis teknologi yang dapat digunakan mahasiswa sebagai bahan belajar yang sesuai dengan kelayakan materi dan media. Sehingga dapat membantu mahasiswa memperoleh materi perkuliahan yang sesuai dengan silabus agar mahasiswa dapat belajar secara mandiri kapan saja dan di mana saja. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Reseacrh and Development (R&D). Uji validitas produk dilakukan oleh empat orang validator dengan dua orang validator materi dan dua orang validator media. Uji coba produk dilakukan kepada mahasiswa dari berbagai Jurusan dan Fakultas di Universitas Negeri Padang yang mengikuti mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan tahun masuk 2019 dengan jumlah 44 orang melakukan uji praktikalitas dengan mengisi angket dan melaksanakan pretest dan posttest untuk menguji efektivitas e-modul dengan melihat perbedaan signifikan antara keduanya. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari validator materi dan validator media, diperoleh hasill validasi materi 1 sebesar 4, 72 dengan persentase 94,44% dikategorikan "sangat baik", dari validasi materi 2 memperoleh rata-rata sebesar 4, 1 dengan persentase 81, 11 % dikategorikan "sangat baik" dan validitas dari media 1 diperoleh rata-rata sebesar 4,75 dengan persentase 95% dikategorikan "sangat baik" sedangkan validasi media 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,81 dengan persentase 96,25% dikategorikan "sangat baik". Hasil uji praktikalitas memperoleh rata-rata sebesar 4,48 dikategorikan "sangat praktis". Hasil uji efktivitas memperoleh Ihitung sebesar 9,570 kemudian dilihat Itabel menggunakan tabel t dengan df = N-1 = 44 - 1 = 43 dengan a 0,05 maka Itabel adalah 2,021. Jadi Ithitung > Itabel, dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan e- modul. Berdasarkan hasil validitas, praktikalitas, dan efektivitas dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Feb 2020 08:05
Last Modified: 13 Feb 2020 08:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25235

Actions (login required)

View Item View Item