Pengembangan Materi Ajar Menulis Artikel dalam Bahasa Inggris Berbasis Kriteria Jurnal-jurnal Bereputasi

Mukhaiyar, Mukhaiyar and Syarif, Hermawati and Refnaldi, Refnaldi (2018) Pengembangan Materi Ajar Menulis Artikel dalam Bahasa Inggris Berbasis Kriteria Jurnal-jurnal Bereputasi. Project Report. FBS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_226_lapakh_LaporanakhirpenelitianPUPT2018-Mukhaiyar-REVISI.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Materi ajar yang baik dan tepat tidak saja berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah tetapi juga mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka terhadap artikel-artikel ilmiah yag dipersyaratkan oleh jurnal-jurnal bereputasi. Tujuan dari penelitian tahun kedua ini adalah untuk menyempurnakan draf materi ajar menulis artikel dalam bahasa Inggris (article writing) berbasis kriteria jurnal-jurnal bereputasi yang sudah dihasilkan pada penelitian ahn pertama, dan melihat efektivitasnya di dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel penelitian di dalam bahasa Inggris. Agar tujuan tercapai dengan baik, ada tiga tahapan penelitian yang akan ditempuh, yaitu tahap penilaian bahan ajar oleh pakar, tahap uji coba terbatas, dan tahap uji efektifitas. Desain penelitian disesuaikan dengan jenis penelitian pada setiap tahapan. Desain evaluasi digunakan pada tahap telaah pakar, desain survei dan pra eksperimen diguanakan pada uji coba terbatas, dan desain eksperimen digunakan pada tahap uji efektifitas. Data pada penelitian tahapan pertama adalah skor dan komentar yang diberikan oleh para pakar terhadap draf materi ajar yang dikembangkan, data penelitian tahap kedua adalah komentar dan skor persepsi mahasiswa dan dosen, dan data pada penelitian tahap ketiga adalah skor pre-tes dan post tes menulis artikel mahasiswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Temuan Penelitian menunjukkan bahwa (1) penilaian pakar terhadap draf buku ajar menulis artikel berada posisi Baik (B) dengan beberapa catatan perubahan pada bagian tertentu; (2) Komentar mahasiswa terhadap meteria yang dikembangkan secara umum berapa pada posisi Baik (B) dengan beberapa catatan untk perbaikan materi ajar, dan (3) hasil eksperimen menunjukkan bahwa materi ajar ini lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel penelitian secara signifikan. Luaran dari penelitian tahun kedua ini adalah adalah draf akhir materi ajar menulis artikel dalam bahasa Inggris berbasis kriteria jurnal-jurnal bereputasi yang diterbitkan dan ber ISBN, terbitnya 1 artikel penelitian pada jurnal nasional (diharapkan terakreditasi), dan terbitnya 1 artikel pada prosiding seminar internasional bereputasi, dan disajikan beberapa gagasan yang berkenaan dengan penelitian ini pada konferensi internasional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Feb 2020 08:05
Last Modified: 13 Feb 2020 08:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25227

Actions (login required)

View Item View Item