Pengembangan Penuntun Praktikum Ekologi Hewan Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat.

Jamal, Rivaldi Putra (2019) Pengembangan Penuntun Praktikum Ekologi Hewan Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RIVALDI PUTRA JAMAL_17177031_6071_2019.pdf

Download (629kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan kegitan praktikum membutuhkan penuntun praktikum sebagai alat bantu mahasiswa dalam mengembangkan proses sains selama kegiatan berlangsung. Penuntun praktikum Ekologi Hewan yang digunakan di Laboratorium Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat belum memiliki pendekatan dan masih bersifat verifikasi dengan panduan model resep (cookery book type) yang belum optimal dalam mengembangkan keterampilan proses sains mahasiswa. Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan penuntun praktikum Ekologi Hewan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahapan investigasi awal, tahap pembuatan prototipe dan tahap penilaian. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validitas penuntun praktikum, praktikalitas ( dosen dan mahasiswa) dan efektifitas (kognitif, afektif dan psikomotor mahasiswa). Uji coba lapangan dilakukan pada kelas eksperimen berjumlah 24 orang mahasiswa dan pada kelas kontrol berjumlah 29 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Data dianalisis secara deskriptif dengan mempresentasikan hasil yang didapatkan di lapangan. Hasil penelitian pengembangan penuntun praktikum Ekologi Hewan berbasis Pendekatan Inkuiri Tebimbing untuk mahasiswa didapatkan nilai validitas dengan kategori sangat valid, nilai praktikalitas dengan kategori sangat praktis, serta nilai efektifitas sangat efektif dengan dibuktikan meningkatnya kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor mahasiswa. Kata Kunci : Pengembangan, Penuntun Praktikum, Inkuiri Terbimbing, Ekologi Hewan 11

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Feb 2020 14:13
Last Modified: 10 Feb 2020 14:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25164

Actions (login required)

View Item View Item