Pembuatan LKS Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Pada Materi Suhu Kalor Dan Teori Kinetik Gas Kelas XI SMA/MA.

Rida M.Y, Rara Nur (2019) Pembuatan LKS Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Pada Materi Suhu Kalor Dan Teori Kinetik Gas Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_RARA_NUR_RIDA_M.Y_15033077_5300_2019.pdf

Download (823kB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada abad 21 ini sangat membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Kemendikbud merumuskan bahwa paradigma pembelajaran abad 21 menekankan empat keterampilan yang hams dimiliki peserta didik. Empat keterampilan itu disebut 4C, yaitu Keterampilan Berkomunikasi (communication), Keterampilan kolaborasi (collaboration), Keterampilan berpikir kritis ( critical thinking), dan Kemampuan kreatifitas (creativity). Keterampilan peserta didik tersebut dapat dikembangkan dengan bantuan guru melalui proses pembelajaran dengan berbagai pendekatan atau model pembelajaran. Namun, kenyataan di lapangan tidak sesuai harapan yang diinginkan pemerintah. Berdasarkan hasil studi awal pada beberapa SMA bukittinggi diperoleh bahwa, keterampilan 4C pada peserta didik khususnya critical thinking, creativity cukup sulit diterapkan. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan guru masih didominasi dengan model ceramah, bahan ajar (LKS) yang digunakan hanya pada materi-materi tertentu dan masih terpaku pada LKS dari penerbit. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menghasilkan produk berupa LKS yang berbasis model pembelajaran Problem Solving untuk mencapai keterampilan 4C pada meteri suhu kalor dan teori kinetik gas yang valid dan praktis untuk digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini dimulai dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Penilaian validasi dilakukan oleh 3 dosen fisika UNP dan penilaian uji coba produk dilakukan oleh 2 orang guru SMAN 5 Bukittinggi dan kelas XII MIP A 3 SMAN 5 Bukittinggi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa LKS berbasis problem solving untuk mencapai keterampilan 4C pada materi suhu kalor dan teori kinetik gas kelas XI SMA/MA. Produk yang telah dibuat dinilai kevalidan menurut tenaga ahli dan kepraktisan menurut guru dan siswa. Hasil yang didapatkan, produk memiliki nilai rata-rata kevalidan sebesar 87,2% dengan kategori sangat valid, nilai rata-rata kepraktisan menurut guru sebesar 92,8% dengan kategori sangat praktis, dan nilai rata-rata kepraktisan menurut siswa sebesar 86,0% dengan kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa LKS berbasis problem solving untuk mencapai keterampilan 4C layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Feb 2020 04:28
Last Modified: 10 Feb 2020 04:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25140

Actions (login required)

View Item View Item