Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Termokimia di Mas Ar-Risalah Padang.

Rednasari, Deswike Eka (2019) Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Termokimia di Mas Ar-Risalah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_DESWIKE_EKA_REDNASARI__1301709_5596_2019.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

Materi termokimia merupakan materi yang dipelajari siswa SMA di kelas XI semester ganjil. Pada materi ini 48,4 % siswa MAS AR Risalah kelas XI IPA belum mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan. Hal ini mengindikasikan bahwa siswa mngalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar merupakan kegagalan dalam mencapai tujuan belajar yang ditandai dengan hasil be lajar yang rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui presentase kesulitan belajar siswa pada materi termokimia dan mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa secara internal. Subjek penelitian ini adalah siswi kelas XI IP A MAS AR Risalah Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes two tier multiple choice, angket, dan wawancara. Untuk analisis data digunakan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian ini diperoleh data bahwa Siswa MAS AR Risalah mengalami kesulitan belajar pada materi Termokimia dengan kategori sangat tinggi. Tingkat kesulitan belajar siswa paling tinggi terdapat pada indikator 4 yaitu membaca diagram tingkat energi berdasarkan harga perubahan suatu entalpi dengan benar pada soal nomor 7 sebesar 90,50% dengan kategori sangat tinggi. Kesulitan belajar yang dialami siswa disebabkan karena siswa tidak berminat, tidak termotivasi, dan tidak berbakat pada materi termokimia. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Termokimia, Two-Tier Multiple Choice

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Feb 2020 07:22
Last Modified: 07 Feb 2020 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25123

Actions (login required)

View Item View Item