Meningkatkan Keterampilan Mencuci Baju Melalui Metode Demonstrasi Berbasis Teknik Shaping Pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang (Penelitian Tindakan Kelas dikelas VII SLB Bina Bangsa)

Wahyuni, Nofia Sri (2019) Meningkatkan Keterampilan Mencuci Baju Melalui Metode Demonstrasi Berbasis Teknik Shaping Pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang (Penelitian Tindakan Kelas dikelas VII SLB Bina Bangsa). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_NOFIA_SRI_WAHYUNI_1500305_57842_2019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan dikelas VII SLB Bina Bangsa Padang pada siswa tunagrahita kategori sedang saat PKL pada bulan januari sampai Maret 2019. Peneliti menemukan seorang siswa yang belum bisa mencuci baju dengan benar. Dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode demonstrasi berbasis teknik shaping dapat meningkatkan keterampilan mencuci baju. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan rekfleksi. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru kelas, peneliti sebagai pelaksana dan guru kelas sebagai pengamat atau kolaborator. Penelitian ini memakai metode demonstrasi berbasis teknik shaping untuk meningkatkan keterampilan mencuci baju. Hasil penelitian pada kondisi awal yaitu 24%. Setelah dilaksanakan siklus I hasil pertemuan pertama (32%), pertemuan kedua (36%), pertemuan ketiga (42%) dan pertemuan keempat (40%). Hasil siklus II pertemuan pertama (46%), pertemuan kedua (56%), pertemuan ketiga (70%) dan pertemuan keempat (76%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode demonstrasi berbasis teknik shaping dapat meningkatkan keterampilan mencuci baju pada siswa tunagrahita kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Feb 2020 04:59
Last Modified: 07 Feb 2020 04:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25116

Actions (login required)

View Item View Item