Peningkatan Self Confidence Anak Panti Asuhan dalam Berwirausaha Melalui Layanan Bimbingan Kelompok diPanti Asuhan Aisyiyah Cabang Nanggalo Padang

Tiara, Zutrina (2019) Peningkatan Self Confidence Anak Panti Asuhan dalam Berwirausaha Melalui Layanan Bimbingan Kelompok diPanti Asuhan Aisyiyah Cabang Nanggalo Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ZUTRINA_TIARA_15006030_6011_2019.pdf

Download (556kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan fenomena, anak asuh yang telah dibina di panti asuhan belum mandiri secara ekonomi dan masih bergantung kepada orang lain. Mereka kebingungan akan bekerja apa setelah tamat dari panti yang menyebabkan mereka kurang mempunyai keberanian untuk mengembangkan usaha sendiri dengan keterampilan yang telah diajarkan dipanti asuhan. Peningkatan self confidence anak panti asuhan dalam berwirausaha diperlukan sebagai suatu bekal untuk menyongsong kehidupan dimasa depan. Peningkatan kepercayaan diri anak asuh panti asuhan dapat ditingkatkan dengan berbagai macam cara yang salah satunya melalui layanan yang ada didalam bimbingan dan konseling yaitu layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan self confidence anak panti asuhan dalam berwirausaha pada kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan setelah (posttest) mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan kelompok kontrol sebelum (pretest) dan setelah (posttest) tanpa mengikuti layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini dilakukan di Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Nanggalo Padang, dengan subjek penelitian sebanyak 20 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dengan rancangan the non-equivalent control group.Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui pengadministrasian angket, kemudiandianalisis dengan menggunakan t- testdengan bantuan program SPSS versi 20.00. Temuan penelitian menunjukkanlayanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan self confidence anak panti asuhan dalam berwirausaha. Secara khusus temuan dari penelitian ini yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikan self confidence anak panti asuhan dalam berwirausaha kelompok eksperimen pretest dan posttest mengikuti layanan bimbingan kelompok. (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan self confidence anak panti asuhan dalam berwirausaha kelompok kontrol pretest dan posttest tanpa mengikuti layanan bimbingan kelompok. (3) terdapat perbedaan yang signifikan self confidence anak panti asuhan dalam berwirausaha kelompokeksperimen pretest dan posttest mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan kelompok kontrol tanpa mengikuti layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Feb 2020 04:02
Last Modified: 05 Feb 2020 04:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25065

Actions (login required)

View Item View Item